Jaringan komputer


Jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terhubung bersama dan dapat berbagi sumber daya yg dimilikinya.
Hubungan antar komputer dalam jaringan → media nirkabel, telepon, gel. radio, satelit, infrared. Contoh: internet.


1. Berdasarkan Teknologi Transmisi
a. Jaringan Broadcast → menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer .
b. Jaringan Point to Point → terdiri atas beberapa komputer yang memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda.

2. Berdasarkan Jarak
a. Local Area Network (LAN) Disebut sebagai jaringan area lokal, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil. Biasanya terdapat satu komputer yang dijadikan file server, fungsinya untuk memberikan layanan software, mengatur aktivasi jaringan dan menyimpan file. Selain server, juga terdapat komputer lain yang terhubung dalam jaringan yang disebut workstation (klien) yang terhubung dengan media kabel, dengan transmisi kabel tunggal.Jenisnya dapat dibedakan atas: ukuran, teknologi trnsmisi, dan topologi.
LAN (Local Area Network) Adalah system jaringan computer yang digunakan  untuk menjalin komunikasi antara satu computer. dengan dengan beberapa computer
 Server bertugas mengatur jalannya lalu lintas komunikasi Hubungan computer dalam  jaringan antar computer harus mematuhi Top
.


b. Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan teransfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,perkantoran, pemerintah, dan jangkauan dari MAN antara 10 hingga 50 km.
Metropolitan Area Netrwork (MAN) merupakan jenis jaringan komputer yang jangkauan lebih dan canggih dari pada jaringan
LAN. MAN karena digunakan untuk menghubugkan jaringan komputer yang ada pada satu kota ke kota lainya.

c. Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang mencangkup area yang sangat besar sbgai contonya yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


Comments